Pengaruh Hasil Pengaplikasian Bulu Mata Berbahan Dasar Serat Daun Sisal (Agave sisalana) Terhadap Koreksi Mata Sipit Pada Rias Pengantin Minang Koto Gadang.

Sari, Dwi Puspita (2023) Pengaruh Hasil Pengaplikasian Bulu Mata Berbahan Dasar Serat Daun Sisal (Agave sisalana) Terhadap Koreksi Mata Sipit Pada Rias Pengantin Minang Koto Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DWI_PUSPITA_SARI_19078102_5058_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Bulu mata palsu digunakan sebagai koreksi mata sipit agar mata terlihat lebih ideal, dan belum ada penggunaan bulu mata palsu dari tumbuhan seperti daun sisal pada rias pengantin. Salah satu alternatif baru menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar serat daun sisal yang diaplikasikan terhadap koreksi mata sipit pada rias penganti Minang Koto Gadang dengan bentuk volume. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar serat daun sisal, 2) menganalisis pengaruh hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar serat daun sisal terhadap koreksi mata sipit pada rias pengantin Minang Koto Gadang dan tanpa menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar serat daun sisal. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain (One-Shot Case Study). Objek yang digunakan wanita bermata sipit. Sampel berjumlah 4 orang. Jenis data yang digunakan data primer dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisa data berupa uji prasyarat yang terdiri dari normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penilaian dari panelis dilihat dari aspek kerapian pemasangan bulu mata palsu (p=0,459) dikatakan tidak terdapat perbedaan pengaruh, pada bentuk bulu mata (p=0,631) dikatakan tidak terdapat perbedaan pengaruh dari hasil penelitian, sedangkan pada ketepatan pengaplikasian (p=0,029) dan kesukaan panelis (p=0,011) terdapat perbedaan pengaruh pada hasil pengaplikasian bulu mata palsu berbahan dasar serat daun sisal terhadap koreksi mata sipit pada rias pengantin Minang Koto Gadang. Kesimpulan terdapat pada aspek kerapian, bentuk bulu mata tidak terdapat perbedaan pengaruh dan terdapat perbedaan pengaruh pada aspek ketepatan pengaplikasian dan kesukaan panelis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
CorrectorHayatunnufus, HayatunnufusUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:41
Last Modified: 22 Nov 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48434

Actions (login required)

View Item View Item