Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping

Rizana, Ririn (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RIRIN_RIZANA_20174034_2912_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learningdan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran teks anekdot. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengaruh model problem based learning dan kreativitas secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling (teknik acak berkelompok). Yang terpilih sebagai kelas perlakuan (eksperimen) adalah kelas X IPS-2 dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas kontrol adalah kelas X IPS-3 dengan jumlah siswa 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes, yaitu tes menulis teks anekdot. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, kemudian. diolah dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan siswa menulis teks anekdot yang diajar dengan model problem based learning lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Kedua, keterampilan siswa menulis teks anekdot yang diajar dengan model problem based learning yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode konvensional yang memiliki kreativitas tinggi. Ketiga, keterampilan siswa menulis teks anekdot yang diajar dengan model problem based learning yang memiliki kreativitas rendah tidak lebih baik daripada, syang diajar dengan menggunakan metode konvensional yang memiliki kreativitas rendah. Keempat, terdapat interaksi antara problem based learning denga kreativitas terhadap keterampilan siswa menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil penitian, dapat dikemukakan beberapa simpulan. (1) Keterampilan menulis teks anekdot siswa dengan menggunakan model problem based learning lebih baik daripada keterampilan menulis teks anekdot siswa dengan menggunakan metode konvensional. (2) Kreativitas menulis teks anekdot siswa dengan menggunakan model problem based learning lebih baik daripada kreativitas menulis teks anekdot siswa dengan menggunakan metode konvensional. (3) Penggunaan model problem based learning berpengaruh siginifikan terhadap keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot. (4) Tingkat kreativitas berpengaruh positif terhadap keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:57
Last Modified: 21 Nov 2023 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48400

Actions (login required)

View Item View Item