Pengaruh Lama Waktu Pencelupan Terhadap Warna yang dihasilkan Pada Bahan Rayon Twill Menggunakan Zat Warna Alam Ekstrak Daun Hati Ungu (Tradescantia pallida) Dengan Mordan Tawas"

Tanjung, Annisah Fitriani (2023) Pengaruh Lama Waktu Pencelupan Terhadap Warna yang dihasilkan Pada Bahan Rayon Twill Menggunakan Zat Warna Alam Ekstrak Daun Hati Ungu (Tradescantia pallida) Dengan Mordan Tawas". Skripsi thesis, Universitas Negeri PAdang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Annisah_Fitriani_Tanjung_18075061_3947_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penting yang memengaruhi hasil pencelupan adalah lama waktu pencelupan. Lama waktu pencelupan yang tidak tepat dapat menghasilkan pewarnaan yang pudar dan tidak merata. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nama warna (hue), gelap terang (value), kerataan warna dan mendeskripsikan pengaruh lama waktu pencelupan terhadap gelap terang (value) dan kerataan warna. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah bahan rayon twill, zat warna alam ekstrak daun hati ungu (Tradescantia pallida) dan mordan tawas. Data yang diperoleh berupa data primer bersumber dari 15 orang panelis. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang disusun menurut skala likert dengan pilihan jawaban rating scale. Data yang terkumpul diolah diberi nilai dan disusun dalam bentuk tabel, kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji Friedman K-Related Sample. Hasil pencelupan sebagai berikut, 1) Waktu pencelupan 25 menit nama warna (hue) Queen Pink. Waktu pencelupan 50 menit nama warna (hue) Chesnut Red. Waktu pencelupan 75 menit nama warna (hue) Turkish Rose. 2) Waktu pencelupan 25 menit gelap terang (value) terang. Waktu pencelupan 50 menit gelap terang (value) cukup terang. Waktu pencelupan 75 menit gelap terang (value) gelap. 3) Waktu pencelupan 25 menit kerataan warna sangat rata. Waktu pencelupan 50 menit kerataan warna rata. Waktu pencelupan 75 menit kerataan warna cukup rata. 4) Gelap terang warna (value) adalah 0.000 < 0.05 Maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan karena pengaruh lama waktu pencelupan. Kerataan warna adalah 0.000 < 0.05 Maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan karena pengaruh lama waktu pencelupan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorNovrita, Sri ZulvaUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:33
Last Modified: 20 Nov 2023 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48395

Actions (login required)

View Item View Item