Batubara, Irna Reyhanul L.
(2023)
Klasifikasi Penerimaan Beasiswa Mahasiswa
Miskin Berprestasi Kabupaten Mandailing
Natal dengan Menggunakan Metode CHAID.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas sosial memberikan
beasiswa kepada mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan di perguruan
tinggi tetapi terkendala oleh biaya pendidikan. Seberapa banyak pun mahasiswa
yang mendaftar setiap tahunnya, pemerintah hanya mengambil sebanyak 50
mahasiswa untuk menerima beasiswa tersebut. Jumlah tersebut disesuaikan dengan
APBD yang dianggarkan pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. Terbatasnya
daya tampung untuk penerima beasiswa tersebut menyebabkan terjadinya seleksi
yang ketat, sehingga mahasiswa yang diterima merupakan mahasiswa yang telah
memenuhi kriteria. Untuk melihat kriteria dari 50 mahasiswa yang terpilih pada
tahun 2021, maka akan dilakukan sebuah klasifikasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan berupa
pendaftar beasiswa mahasiswa miskin berprestasi Kabupaten Mandailing Natal
tahun 2021 yaitu sebanyak 115 mahasiswa. Data tersebut diperoleh langsung dari
Dinas Sosial Kabupaten Mandailing Natal. Variabel pada penelitian ini terdiri dari
variabel dependen yaitu status penerimaan beasiswa dan variabel independen yaitu
jenis kelamin, jurusan, perguruan tinggi, semester dan IPK. Analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis CHAID (Chi-Squared Automatic
Interaction Detection).
Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis CHAID menghasilkan
diagram pohon yang terdiri dari 2 kelompok. Analisis CHAID menunjukkan
pengklasifikasian mahasiswa yang paling banyak menerima beasiswa adalah
mahasiswa yang memiliki IPK ≥ 3,50. Selain pengklasifikasian, variabel yang
berpengaruh secara signifikan terhadap status penerimaan beasiswa mahasiswa
miskin berprestasi Kabupaten Mandailing Natal adalah IPK. Dari klasifikasi ini
juga didapat persentase ketepatan model klasifikasi secara tepat hanya 56,5%
Actions (login required)
|
View Item |