Enkapsulasi Senyawa Alkaloid Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) dalam β-Siklodekstrin (β-CD) dengan Metode Kopresipitasi

Resti, Intan Apri (2023) Enkapsulasi Senyawa Alkaloid Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) dalam β-Siklodekstrin (β-CD) dengan Metode Kopresipitasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_INTAN_APRI_RESTI_17036019_785_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) memiliki kandungan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai senyawa obat. Alkaloid bersifat non polar atau tidak larut dalam air dan hanya larut dalam pelarut organik, sehingga penyerapannya dalam tubuh tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan senyawa alkaloid yang terdapat pada jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus), menentukan perbedaan kelarutan senyawa alkaloid dalam air sebelum dan sesudah enkapsulasi, serta menentukan efisiensi enkapsulasi molekul terhadap penambahan volume senyawa alkaloid pada campuran β-siklodekstrin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kopresipitasi. Analisis menggunakan GC-MS didapatkan 3 komponen alkaloid dalam jamur tiram putih yaitu 3,3-dimethylbutanamide, Octahydroacridine, dan Tetradecanamide. Karakterisasi dengan menggunakan FT-IR dan UV-Vis pada kompleks inklusi memberikan hasil yang berbeda dibandingkan dengan β- siklodekstrin murni. Kelarutan senyawa alkaloid dalam air setelah enkapsulasi lebih larut dibandingkan dengan senyawa alkaloid sebelum enkapsulasi. Penambahan volume alkaloid pada campuran β-siklodekstrin menyebabkan penurunan efisiensi enkapsulasi molekul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
CorrectorAmelia, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ENKAPSULASI SENYAWA ALKALOID JAMUR TIRAM PUTIH
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:42
Last Modified: 20 Nov 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48390

Actions (login required)

View Item View Item