Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen dalam Medium Tumbuh Molase terhadap Jumlah Bakteri dan Produksi Indole Acetic Acid (IAA)

Febriani, Intan (2023) Pengaruh Lama Penyimpanan Pseudomonad Fluoresen dalam Medium Tumbuh Molase terhadap Jumlah Bakteri dan Produksi Indole Acetic Acid (IAA). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_INTAN_FEBRIANI_19032070_4146_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pseudomonad fluoresen adalah kelompok bakteri di sekitar perakaran tanaman dan menjadi agen biokontrol dalam menekan penyakit tanaman. Pseudomonad fluoresen mampu menghasilkan siderofor, asam sianida (HCN), Indole Acetic Acid (IAA), dan senyawa pelarut fosfat, untuk mendorong pertumbuhan tanaman. Perbanyakan bakteri memerlukan adanya suatu media tumbuh. Namun, pemanfaatan pseudomonad fluoresen hingga saat ini masih menggunakan media padat dalam cawan petri sehingga tidak mempunyai masa simpan yang lama. Salah satu media tumbuh yang biasa digunakan adalah Nutrient Broth (NB). NB merupakan media tumbuh keluaran pabrik yang harganya cukup mahal. Diperlukan medium tumbuh organik yang dapat dijadikan tempat perbanyakan bakteri pseudomonad fluoresen salah satunya yaitu molase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan pseudomonad fluoresen pada medium tumbuh molase terhadap jumlah bakteri dan produksi Indole Acetic Acid (IAA). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 2 seri yaitu : Seri I. Pengaruh lama penyimpanan pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh molase terhadap jumlah bakteri. Sedangkan Seri II. Deteksi Indole Acetic Acid (IAA) yang dihasilkan oleh pseudomonad fluoresen yang ditumbuhkan dalam medium tumbuh molase. Pseudomonad fluoresen yang digunakan yaitu isolat PfCas dan PfCas3. Hasil penelitian menunjukkan penyimpanan pseudomonad fluoresen dalam medium tumbuh molase dengan lama penyimpanan 2,4 dan 6 minggu berpengaruh terhadap jumlah bakteri dan produksi Indole Acetic Acid (IAA) yang dihasilkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorFarma, Siska AliciaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH LAMA PENYIMPANAN PSEUDOMONAD FLUORESEN
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:24
Last Modified: 20 Nov 2023 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48385

Actions (login required)

View Item View Item