Relasi Sosial Penjual dan Pelanggan Miras Jenis Tuak Suling di Kota Padang

Afrinaldi, Muhammad Davis (2023) Relasi Sosial Penjual dan Pelanggan Miras Jenis Tuak Suling di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Muhammad_Davis_Afrinaldi_17058188_5478_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah terdapat pola relasi sosial yang terjadi antara penjual dan pelanggan penikmat tuak suling yang memiliki kedekatan. Relasi sosial yang terjadi di dalam hubungan penjual dengan pelanggan menjadi hal yang penting dalam proses menjalin hubungan sosial pada saat transaksi jual beli minuman keras sehingga adanya kedekatan hubungan sosial yang memberikan keuntungan antara pelanggan dan penjual minuman keras jenis tuak suling di Kota Padang. Pelanggan di Kelurahan Air Tawar Kecamatan Padang Utara juga dengan kategori intensitas pembelian yang cukup sering mengkonsumsi minuman keras jenis tuak suling. Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial dari George C. Homans. Teori pertukaran adalah teori yang berkaitan dengan tindakan sosial yang saling memberi atau menukar objek-objek yang mengandung nilai antar individu berdasarkan tatanan sosial tertentu Objek yang ditukarkan tidak berbentuk benda nyata, namun hal-hal yang tidak nyata. Pendekatan teori pertukaran sosial ini digunakan sebagai pisau analisis dari apa yang menjadi kajian penulis yaitu relasi sosial antara pelanggan dan penjual miras yang berjenis tuak suling di Kota Padang. Alasan mengapa teori ini menjadi landasan penulis karena interkasi sosial yang berlangsung antara pelanggan dan penjual menghasilkan suatu fenomena yang sudah menjadi kesepakatan dan dipahami oleh para aktor yang dipakai dalam pola interaksi antara penjual dan pelanggan miras ini disesuaikan dengan kajian pertukaran sosial mengkaji tindakan sosial yang saling memberi dan bertukar objek mengandung nilai nilai yang dipahami. Teknik pemilihan informan penelitian menggunakan teknik Snowbal sampling dengan jumlah informan 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles, dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan selama berada di lapangan maka dapat peneliti tarik kesimpulan bahwa faktor intrinsik dari relasi sosial antara penjual dan pembeli minuman keras jenis tuak suling di Kota Padang ialah relasi sosial kepercayaan antar pelanggan dan penjual, dan relasi sosial dalam keamanan transaksi. Sedangkan faktor ekstrinsik dari adanya relasi sosial antar penjual dengan pelanggan miras jenis tuak suling diantaranya, relasi sosial dalam kebertahanan hubungan yang mencakup bonus hari raya, kasbon, dan trik khusus dalam transaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:19
Last Modified: 20 Nov 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48371

Actions (login required)

View Item View Item