Afrinaldi, Muhammad Davis
(2023)
Relasi Sosial Penjual dan Pelanggan
Miras Jenis Tuak Suling di Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini ialah terdapat pola relasi sosial yang
terjadi antara penjual dan pelanggan penikmat tuak suling yang memiliki
kedekatan. Relasi sosial yang terjadi di dalam hubungan penjual dengan
pelanggan menjadi hal yang penting dalam proses menjalin hubungan sosial pada
saat transaksi jual beli minuman keras sehingga adanya kedekatan hubungan
sosial yang memberikan keuntungan antara pelanggan dan penjual minuman keras
jenis tuak suling di Kota Padang. Pelanggan di Kelurahan Air Tawar Kecamatan
Padang Utara juga dengan kategori intensitas pembelian yang cukup sering
mengkonsumsi minuman keras jenis tuak suling.
Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial dari George C.
Homans. Teori pertukaran adalah teori yang berkaitan dengan tindakan sosial
yang saling memberi atau menukar objek-objek yang mengandung nilai antar
individu berdasarkan tatanan sosial tertentu Objek yang ditukarkan tidak
berbentuk benda nyata, namun hal-hal yang tidak nyata. Pendekatan teori
pertukaran sosial ini digunakan sebagai pisau analisis dari apa yang menjadi
kajian penulis yaitu relasi sosial antara pelanggan dan penjual miras yang berjenis
tuak suling di Kota Padang. Alasan mengapa teori ini menjadi landasan penulis
karena interkasi sosial yang berlangsung antara pelanggan dan penjual
menghasilkan suatu fenomena yang sudah menjadi kesepakatan dan dipahami
oleh para aktor yang dipakai dalam pola interaksi antara penjual dan pelanggan
miras ini disesuaikan dengan kajian pertukaran sosial mengkaji tindakan sosial
yang saling memberi dan bertukar objek mengandung nilai nilai yang dipahami.
Teknik pemilihan informan penelitian menggunakan teknik Snowbal sampling
dengan jumlah informan 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data
dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles, dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan selama berada di
lapangan maka dapat peneliti tarik kesimpulan bahwa faktor intrinsik dari relasi
sosial antara penjual dan pembeli minuman keras jenis tuak suling di Kota Padang
ialah relasi sosial kepercayaan antar pelanggan dan penjual, dan relasi sosial
dalam keamanan transaksi. Sedangkan faktor ekstrinsik dari adanya relasi sosial
antar penjual dengan pelanggan miras jenis tuak suling diantaranya, relasi sosial
dalam kebertahanan hubungan yang mencakup bonus hari raya, kasbon, dan trik
khusus dalam transaksi.
Actions (login required)
|
View Item |