Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN Nyiur Kec Malalak Kab Agam

Wati, Fatimah (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN Nyiur Kec Malalak Kab Agam. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FATIMAH_WATI_50543_2064_2016.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan yang diamati peneliti di SDN Nyiur Kecamatan Malalak Kabupaten Agam ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran PKn di kelas IV masih rendah hal ini terlihat di dalam proses pembelajarn masih dominan, sebaliknya siswa kurang diberikan kesempatan. Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak pada minat dan motivasi siswa untuk belajar menjadi berkurang, sehingga nilai yang dicapai tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SDN Nyiur Kecamatan Malalak. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016 di SDN Nyiur Kecamatan Malalak Kabupaten Agam, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Nyiur, dengan jumlah siswa 10 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa aspek rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 85.7% (baik), aspek guru 84.0% (baik), aspek siswa 82.3% (baik), sedangkan hasil belajar siswa 67 (cukup). Aspek rencana pelaksanaan pembelajaran meningkat pada siklus II adalah 89.3% (baik), aspek guru 92.9% (sangat baik), aspek siswa 92.9% (sangat baik), dan hasil belajar siswa mendapat rata-rata 84.2 (baik) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model cooperative learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Nyiur Kecamatan Malalak Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:35
Last Modified: 20 Nov 2023 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48369

Actions (login required)

View Item View Item