Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang

Dwiputri, Winda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_WINDA_DWIPUTRI_19129181_3336_2023.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian secara umum yakni untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together di kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang. Penelitian ini jenisnya ialah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus yakni siklus I dua pertemuan dan siklus II sekali pertemuan. Pelaksanaan penelitian di bulan Februari 2023 pada semester II. Subjeknya yakni guru dan peserta didik kelas V berjumlah 23 orang, 8 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen penelitiannya yakni lembar pengamatan pada RPP, aspek guru dan aspek peserta didik; lembar tes evaluasi, dan lembar non tes berupa jurnal penilaian sikap dan rubrik penilaian keterampilan. Data diolah menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penilaian RPP siklus I persentase rata-ratanya 82,1% (C), siklus II menjadi 94,44% (SB). 2) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I rata-ratanya 82,82% (C), di siklus II menjadi 93,75% (SB), dari aspek peserta didik 82,82% (C) dan siklus II menjadi 93,75% (SB). 3) Hasil belajar peserta didik siklus I rata-ratanya 74,5 (K), siklus II menjadi 87,6 (B). Dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 11 Kurao Pagang Kota Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:06
Last Modified: 20 Nov 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48329

Actions (login required)

View Item View Item