Analisis Upaya Peningkatan Pendapatan Daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bukittinggi

Sari, Indah Permata (2023) Analisis Upaya Peningkatan Pendapatan Daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
07_INDAH_PERMATA_SARI_20233042_7005_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Peningkatan Pendapatan Daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilakukan di UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bukittinggi yang beralamat di Jl. Medan Lama Gadoet, Gadut, Kec. Tilatang Kamang, Kabupaten Agam dan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat yang beralamat di Jl.Khatib Sulaiman No 34 A Kota Padang. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dalam data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung ke UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bukittinggi dan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Data sekunder yaitu data tunggakan pajak kendaraan bermotor, target dan realisasi pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini membahas upaya yang dilakukan oleh UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Kota Bukittinggi dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui upaya peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Terdapat enam strategi utama yang diidentifikasi dalam penelitian ini, yaitu konsistensi, pengorganisasian, efektivitas, pendekatan kritis, perhitungan risiko, dan landasan keberhasilan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa UPTD PPD Kota Bukittinggi telah mengimplementasikan serangkaian upaya yang terkoordinasi dengan baik untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak kendaraan bermotor. Kebijakan pembebasan denda pajak kendaraan bermotor memiliki dampak positif terhadap penerimaan pajak, dan berbagai upaya efektif dalam pelayanan pajak membantu memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap layanan yang diberikan masih perlu diatasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorZulvia, YolandafitriUNSPECIFIED
CorrectorSusanti, DessiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDAPATAN DAERAH, PAJAK KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:05
Last Modified: 20 Nov 2023 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48320

Actions (login required)

View Item View Item