Ariani, Vennisa
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu. Guru masih belum dapat melaksanakan
proses belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan baik
dan optimal. Hal ini berakibatkan dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning
(PBL) dalam proses belajar untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di
Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik
kelas III SD dengan jumlah peserta didik 25 orang, peneliti sebagai praktisi dan
guru kelas sebagai observer. Penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus, yang
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian
diperoleh dari observasi terhadap proses pembelajaran, tes yang berupa lembar
evaluasi yang dikerjakan oleh peserta didik, dan nontes yang diambil dari
pengamatan terhadap sikap peserta didik. Hasil penelitian Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I
memperoleh rata-rata 85% dengan kualifikasi baik dan siklus II 94% dengan
kualifikasi sangat baik. Hasil proses pembelajaran aspek guru dan peserta didik
siklus I dengan rata-rata 83% dengan kualifikasi baik dan siklus II 93% dengan
kualifikasi sangat baik. Serta pada hasil belajar siklus I dengan rata-rata 78%
dengan kualifikasi cukup dan siklus II 91% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |