Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang.

Ariani, Vennisa (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_VENNISA_ARIANI_19129298_3890_2023.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Guru masih belum dapat melaksanakan proses belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan baik dan optimal. Hal ini berakibatkan dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam proses belajar untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD dengan jumlah peserta didik 25 orang, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi terhadap proses pembelajaran, tes yang berupa lembar evaluasi yang dikerjakan oleh peserta didik, dan nontes yang diambil dari pengamatan terhadap sikap peserta didik. Hasil penelitian Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh rata-rata 85% dengan kualifikasi baik dan siklus II 94% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil proses pembelajaran aspek guru dan peserta didik siklus I dengan rata-rata 83% dengan kualifikasi baik dan siklus II 93% dengan kualifikasi sangat baik. Serta pada hasil belajar siklus I dengan rata-rata 78% dengan kualifikasi cukup dan siklus II 91% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:39
Last Modified: 17 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48315

Actions (login required)

View Item View Item