Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Project Based Learning (PjBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar

Nasril, Ulfadhilla (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Project Based Learning (PjBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ULFADHILLA_NASRIL_19129296_3784_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dikembangkannya media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa dan belum dikembangkannya media pembelajaran yang berbasis teknologi. Dikarenakan terbatasnya kemampuan dan pengetahuan guru terhadap cara membuat serta mengolah media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga guru harus meningkatkan kemampuannya dalam mengolah media pembelajaran berbasis teknologi agar siswa tidak mudah bosan dan pembelajaran menjadi menyenangkan Salah satu pemanfaatan teknologi yaitu dengan membuat inovasi multimedia interaktif. Multimedia interaktif dapat menggabungkan gambar, audio, teks, animasi dan lainnya yang bisa menampilkan materi pembelajaran secara interaktif dan melibatkan siswa sehingga pembelajaran akan lebih aktif dan suasana pembelajaranpun menjadi menyenangkan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Belum pernah digunakannya model PjBL untuk penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu, salah satunya menggunakan Ariculate Sotryline 3. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan multimedia interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Project Based Learning (PjBL) di kelas IV sekolah dasar yang dapat dinyatakan valid dan praktis digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengambilan data diperoleh dari lembar angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan dan ahli media. Sedangkan praktikalitasnya diperoleh dari lembar angket respon guru dan respon siswa. Penelitian ini diuji cobakan pada kelas IV SDN 03 Simpang Haru Padang berguna untuk mengetahui praktikalitas dari penggunakan multimedia interaktif articulate Storyline 3 yang telah peneliti kembangkan. Hasil dari uji validasi oleh ahli materi pertama (dosen) memperoleh persentase sebesar 93,75%% dan uji validasi oleh ahli materi kedua (guru penggerak) memperoleh persentase 100%. Uji validasi ahli kebahasaan sebesar 93,75%% dan ahli media sebesar 93,75%%. masing-masing hasil uji validasi dari semua validator tersebut memperoleh kategori sangat valid. Sedangkan, hasil uji praktikalitas angket respon guru 92%, dan hasil uji praktikalitas angket respon siswa sebesar 94,51%, dengan masing-masing memperoleh kategori sangat praktis.Dengan demikian, dapat disimpukan bahwa pengembangan multimedia interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Project Based Learning (PjBL) di kelas IV sekolah dasar yang telah dikembangkan valid dan praktis digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:38
Last Modified: 17 Nov 2023 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48312

Actions (login required)

View Item View Item