Nasril, Ulfadhilla
(2023)
Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Project Based Learning (PjBL) Di Kelas IV Sekolah
Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dikembangkannya media
pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa dan belum
dikembangkannya media pembelajaran yang berbasis teknologi. Dikarenakan
terbatasnya kemampuan dan pengetahuan guru terhadap cara membuat serta
mengolah media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga guru harus
meningkatkan kemampuannya dalam mengolah media pembelajaran berbasis
teknologi agar siswa tidak mudah bosan dan pembelajaran menjadi
menyenangkan Salah satu pemanfaatan teknologi yaitu dengan membuat inovasi
multimedia interaktif. Multimedia interaktif dapat menggabungkan gambar, audio, teks, animasi dan lainnya yang bisa menampilkan materi pembelajaran secara
interaktif dan melibatkan siswa sehingga pembelajaran akan lebih aktif dan
suasana pembelajaranpun menjadi menyenangkan yang dapat meningkatkan
pemahaman siswa. Belum pernah digunakannya model PjBL untuk penggunaan
media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu, salah satunya
menggunakan Ariculate Sotryline 3. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk
mengembangkan multimedia interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Project
Based Learning (PjBL) di kelas IV sekolah dasar yang dapat dinyatakan valid dan
praktis digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dan dengan
menggunakan model ADDIE, yaitu terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengambilan data diperoleh dari
lembar angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan dan ahli media. Sedangkan
praktikalitasnya diperoleh dari lembar angket respon guru dan respon siswa. Penelitian ini diuji cobakan pada kelas IV SDN 03 Simpang Haru Padang berguna
untuk mengetahui praktikalitas dari penggunakan multimedia interaktif articulate
Storyline 3 yang telah peneliti kembangkan. Hasil dari uji validasi oleh ahli materi pertama (dosen) memperoleh
persentase sebesar 93,75%% dan uji validasi oleh ahli materi kedua (guru
penggerak) memperoleh persentase 100%. Uji validasi ahli kebahasaan sebesar
93,75%% dan ahli media sebesar 93,75%%. masing-masing hasil uji validasi dari
semua validator tersebut memperoleh kategori sangat valid. Sedangkan, hasil uji
praktikalitas angket respon guru 92%, dan hasil uji praktikalitas angket respon
siswa sebesar 94,51%, dengan masing-masing memperoleh kategori sangat
praktis.Dengan demikian, dapat disimpukan bahwa pengembangan multimedia
interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Project Based Learning (PjBL) di kelas
IV sekolah dasar yang telah dikembangkan valid dan praktis digunakan
Actions (login required)
|
View Item |