Pengembangan Media interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar

Anggraini, Tri Suci (2023) Pengembangan Media interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_TRI_SUCI_ANGGRAINI_17129422516_2023.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, media pembelajaran yang digunakan saat ini sangatlah terbatas dan kurang bervariasi. Media yang digunakan antara lain globe, gambar – gambar, peta, atlas (kumpulan Peta), Model rangka tubuh manusia dan lainnya. peserta didik mulai jenuh dengan penyampaian materi menggunakan metode ceramah dan media gambar yang tidak diperbaharui sejak dua sampai tiga tahun belakangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE.Dengan tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi).Pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh validator dan angket respon guru beserta angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 21 peserta didik yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 9 orang siswa perempuan di kelas IV SD Negeri 11 Tanjung Alai. Hasil penelitian dari media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh hasil validasi materi 88,3 %, validasi media 96,3 %, dan validasi bahasa 96 % (sangat valid ). Hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru 94,6 % (sangat praktis) dan hasil respon dari 21 peserta didik 91,6 % (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:38
Last Modified: 17 Nov 2023 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48308

Actions (login required)

View Item View Item