Anggraini, Tri Suci
(2023)
Pengembangan Media interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, media pembelajaran yang digunakan
saat ini sangatlah terbatas dan kurang bervariasi. Media yang digunakan antara
lain globe, gambar – gambar, peta, atlas (kumpulan Peta), Model rangka tubuh
manusia dan lainnya. peserta didik mulai jenuh dengan penyampaian materi
menggunakan metode ceramah dan media gambar yang tidak diperbaharui sejak
dua sampai tiga tahun belakangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Kontekstual pada pembelajaran
tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE.Dengan tahap Analysis (analisis), Design (perancangan),
Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation
(evaluasi).Pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh validator dan
angket respon guru beserta angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada
penelitian ini adalah 21 peserta didik yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 9
orang siswa perempuan di kelas IV SD Negeri 11 Tanjung Alai.
Hasil penelitian dari media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh
hasil validasi materi 88,3 %, validasi media 96,3 %, dan validasi bahasa 96 %
(sangat valid ). Hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis, hal ini terlihat dari
hasil respon guru 94,6 % (sangat praktis) dan hasil respon dari 21 peserta didik
91,6 % (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 berbasis Kontekstual pada
pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan
dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |