Syafly, Haryati Gustia
(2023)
Adaptasi Penggunaan Teknologi oleh
Guru dalam Pembelajaran Sosiologi Pasca Pandemi di SMAN
1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adaptasi penggunaan
teknologi oleh guru dalam pembelajaran sosiologi pasca pandemi di SMAN 1
Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana adaptasi guru menggunakan teknologi dalam pembelajaran sosiologi
pasca pandemi.
Penelitian ini dianalisis menggunakan teori struktural fungsional oleh Talcot
Parson, terdapat empat syarat yang harus ada dalam sebuah sistem agar fungsional
dan terciptanya keseimbangan yaitu skema AGIL. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus dan bersifat
deskriptif. Pemilihan informan penelitian menggunakan porposive sampling yang
informan penelitiannya berjumlah 10 orang informan. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi guru dalam penggunaan
teknologi pada pembelajaran sosiologi pasca pandemi di SMAN 1 Tigo Nagari
yaitu: 1) Pembelajaran menggunakan infokus, 2) Pembelajaran Whatshapp Group,
3) Siswa membawa hp ke sekolah .
Actions (login required)
|
View Item |