Evaluasi Kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

Sukirno, Fenny Sundari (2023) Evaluasi Kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FENNY_SUNDARI_SUKIRNO_19042130_6362_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pengaduan pelayanan publik di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat khususnya pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat masih berdasarkan pada Pergub No. 62 Tahun 2016 tentang tata cara pengaduan pelayanan publik di lingkungan pemerintah provinsi sumatera barat. Landasan dasar dalam pembuatan pergub ini mengacu pada Permenpan RB No. 24 Tahun 2014 tentang pedomaan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional. Permenpan RB No. 24 Tahun 2014 ini sudah dicabut dan dinyatakan sudah tidak berlaku lagi. Sehingga diperbaharui menjadi Permenpan RB No. 62 Tahun 2018. Dalam hal ini, Pergub No. 62 Tahun 2016 tidak mengikuti peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi sesuai dengan hierarki peraturan perundang-undangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat dan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan indikator evaluasi dari William N. Dunn dengan indikator efektivitas, efisiensi, kecakupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pengaturan kebijakan pengaduan pelayanan publik di Bapenda Prov. Sumbar masih mengikuti aturan yang lama yaitu, Pergub No. 62 Tahun 2016. Sedangkan sudah ada perubahan dan pembaharuan terkait pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang dijelaskan pada peraturan terbaru Permenpan RB No. 62 tahun 2018 yang merupakan perubahan atas pertauran yang lama yaitu, Permenpan RB No. 24 Tahun 2014. Tetapi, dalam pelaksanaan teknis pada pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Bapenda Provinsi Sumatera Barat masih mengacu pada aturan yang lama. Bahwa tidak adanya pendelegasian langsung atas Permenpan RB No. 62 Tahun 2018. Oleh karena itu, pemerintah provinsi sumatera barat dalam hal pengelolaan pengaduan pelayanan publik tidak mengikuti aturan yang lebih tinggi dalam peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, RizkiUNSPECIFIED
CorrectorFrinaldi, AldriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:19
Last Modified: 16 Nov 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48294

Actions (login required)

View Item View Item