Hayani, Syifa Dwi
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Eksplainig di Kelas V SD Negeri 14 Pasar Bawan Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih
rendah, pada saat proses pembelajaran peserta didik terlihat kurang aktif dalam
kerja sama kelompok, tidak antusias untuk menyampaikan ide atau gagasan,
peserta didik kurang termotivasi untuk berkompetisi dalam penguasaan materi
pembelajaran serta peserta didik terlihat kurang senang dalam mengikuti
pembelajaran, hal itu disebabkan oleh masih minimnya pengembangan model
pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran,
sehingga proses pembelajaran masih berlangsung berpusat pada guru atau teacher
centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan model student
facilitator and eksplaining.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
peserta didik Kelas V SDN 14 Pasar Bawan kabupaten Agam. Data penelitian
diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan
pembelajaran, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan
dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 81,94%
(baik) dan siklus II 94,44% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan
siklus I 83,93% (baik) dan siklus II 96,43% (sangat baik), sedangkan aktivitas
peserta didik pada pelaksanaan siklus I 83,93% (baik), dan siklus II 96,43%
(sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I di
peroleh dengan rata-rata 73,36 atau 65% dan siklus II dengan rata-rata 88,68 atau
85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan model student
facilitator and eksplaining dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |