Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe The Learning Cell Di Kelas IV SDN 02 Koto Baru Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota

Mulyani, Sri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe The Learning Cell Di Kelas IV SDN 02 Koto Baru Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SrI_Mulyani_19129065_4176_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang semangat karena tidak adanya keterlibatan dalam proses pembelajaran, peserta didik sulit memahami pembelajaran karena tidak adanya kesan bekerja mandiri terhadap pembelajaran dan RPP yang dibuat tidak dilengkapi dengan model yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model The Learning Cell pada tematik terpadu di kelas IV SDN 02 Koto Baru Simalanggang, manfaat dari penelitian ini ialah sebagai inovasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV jumlah 20 orang siswa dengan 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 84,05% (C), dan siklus II 93,18% (SB); b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 82,14% (C), dan siklus II 92,8% (SB); sedangkan pada spek peserta didik memperoleh rata-rata pada siklus I 83,92% (B), dan siklus II 92,8% (SB); Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I 70,8 (D) dan siklus II memeperoleh rata-rata 83,85 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model the learning cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:06
Last Modified: 16 Nov 2023 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48288

Actions (login required)

View Item View Item