Silvia, Risda
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran
Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh hasil belajar tematik terpadu di Kelas V
SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman rendah,dimana kurang
terlihat kerjasama peserta didik dalam proses pembelajaran dan peserta didik
yang kurang dalam pengetahuan hanya menjadi pendengar yang baik saat
diskusi kelompok berlangsung. Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di kelas V
SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten
Pasaman.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian adalah Pendidik dan
Peserta Didik kelas V dengan jumlah peserta didik 20 orang dan peneliti
berperan sebagai praktisi serta Pendidik sebagai observer.Penelitian
dilaksanakan dua siklus.Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali
pertemuan.Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II,
perencanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase dengan rata�rata 82,05% (B), sedangkan siklus II memperoleh persentase 94,44% (A).
Aktivitas Pendidik siklus I memperoleh persentase dengan rata-rata 79, 69%
(C), sedangkan siklus II memperoleh perentase 90,63% (A). Aktivitas peserta
didik siklus I memperoleh persentase dengan rata-rata 78,14% (C), sedangkan
siklus II memperoleh persentase 90,63% (A), dan hasil belajar peserta didik pada
hasil penilaian pengetahuan siklus I diperoleh rata-rata 77,3 dan meningkat pada
siklus II menjadi 90,1, serta pada hasil penilaian keterampilan siklus I diperoleh
rata-rata 76,5 pada siklus II meningkat menjadi 86. Dengan demikian penelitian
tindakan kelas dengan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu di kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping
Kabupaten Pasaman.
Actions (login required)
|
View Item |