Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Silvia, Risda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RISDA_SILVIA_19129160_4039_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh hasil belajar tematik terpadu di Kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman rendah,dimana kurang terlihat kerjasama peserta didik dalam proses pembelajaran dan peserta didik yang kurang dalam pengetahuan hanya menjadi pendengar yang baik saat diskusi kelompok berlangsung. Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian adalah Pendidik dan Peserta Didik kelas V dengan jumlah peserta didik 20 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta Pendidik sebagai observer.Penelitian dilaksanakan dua siklus.Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan.Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase dengan rata�rata 82,05% (B), sedangkan siklus II memperoleh persentase 94,44% (A). Aktivitas Pendidik siklus I memperoleh persentase dengan rata-rata 79, 69% (C), sedangkan siklus II memperoleh perentase 90,63% (A). Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh persentase dengan rata-rata 78,14% (C), sedangkan siklus II memperoleh persentase 90,63% (A), dan hasil belajar peserta didik pada hasil penilaian pengetahuan siklus I diperoleh rata-rata 77,3 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,1, serta pada hasil penilaian keterampilan siklus I diperoleh rata-rata 76,5 pada siklus II meningkat menjadi 86. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:02
Last Modified: 16 Nov 2023 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48285

Actions (login required)

View Item View Item