Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 12 Kampung Durian Kota Padang

Rahman, Rico Aulia (2023) Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 12 Kampung Durian Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RICO_AULIA_RAHMAN_19129157_3904_2023.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar elektronik menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada pembelajaran Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) Subtema 1 (Suhu dan Kalor) di pembelajaran 3 kelas V (Lima) SDN 12 Kampung Durian Kota Padang. Penelitian pengembangan juga bertujuan melihat kevalidan dan kelayakan atau kepraktisan dari bahan ajar elekronik yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi tuntutan kurikulum untuk menggunakan media berbasis teknologi sebagai bahan ajar di sekolah. Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition diteliti memakai model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian pengembangan bahan ajar elektronik dimulai dengan menganalisis kebutuhan kelas, merancang atau mendesain bahan ajar elektronik, selanjutnya melaksanakan pengembangan bahan ajar elektronik, kemudian melaksanakan validasi oleh para ahli, merevisi bahan ajar elektronik. Setelah melaksanakan revisi dari para ahli, dilaksanakan implementasi bahan ajar elektronik dengan subjek yang sudah ditentukan yaitu SDN 12 Kampung Durian Kota Padang. Rata-rata dari nilai validasi oleh validator materi, bahasa, dan bahan ajar memperlihatkan bahan ajar elektronik dapat dipergunakan pada proses pembelajaran dengan nilai keseluruhan dari persentase validasi 94,17% dengan hasil validasi materi 95%, hasil validasi bahasa 90% dan hasil validasi bahan ajar 97,5%. Pada tahap implementasi dan praktikalitas respon dari guru dan peserta didik sangat baik untuk bahan ajar elektronik yang telah dipergunakan. Hasil dari respon guru yaitu 97,14%. dan peserta didik 96,46%. Dari hasil riset dapat ditarik kesimpulan bahan ajar elektronik menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition telah valid, sangat menarik, dan layak digunakan peserta didik dalam proses belajar serta membantu guru memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SariUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:22
Last Modified: 15 Nov 2023 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48278

Actions (login required)

View Item View Item