Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Active Debat (Debat Aktif) Di Kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan

Pratama, Randika (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Active Debat (Debat Aktif) Di Kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RANDIKA_PRATAMA_18129299_1401_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yaitu pada proses pembelajaran belum melibatkan peserta didik seutuhnya sebagai subjek belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menerapkan model pembelajaran Active Debate. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Active Debate untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan yang berjumlah 8 orang, terdiri dari 6 orang peserta didik laki-laki dan 2 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) RPP pada siklus I rata-rata 82,81% (B), pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (SB). 2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru, nilai rata-rata pada siklus I adalah 83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 91,66% (SB). Aspek peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 83,33% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,66% (SB). 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 67,46 (K), meningkat pada siklus II menjadi 82,14 (B). Dengan demikian, model pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 7 dan tema 8 di kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:24
Last Modified: 15 Nov 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48275

Actions (login required)

View Item View Item