Pratama, Randika
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Active Debat (Debat Aktif) Di Kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yaitu pada proses
pembelajaran belum melibatkan peserta didik seutuhnya sebagai subjek belajar
sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan
untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menerapkan model
pembelajaran Active Debate. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
penggunaan model Active Debate untuk meningkatkan hasil belajar tematik
terpadu di kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek
penelitian adalah peserta didik di kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir
Selatan yang berjumlah 8 orang, terdiri dari 6 orang peserta didik laki-laki dan 2
orang peserta didik perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan 1) RPP pada siklus I rata-rata 82,81% (B),
pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (SB). 2) Pelaksanaan pembelajaran
aspek guru, nilai rata-rata pada siklus I adalah 83,33% (B), meningkat pada siklus
II menjadi 91,66% (SB). Aspek peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 83,33%
(B) meningkat pada siklus II menjadi 91,66% (SB). 3) Hasil belajar peserta didik
pada siklus I rata-rata 67,46 (K), meningkat pada siklus II menjadi 82,14 (B).
Dengan demikian, model pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) dapat
meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 7 dan tema 8 di
kelas IV SDN 02 Teratak Teleng Pesisir Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |