Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Edmodo (Blended) Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Kelas V SD

Linajmi, Nisa F. (2023) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Edmodo (Blended) Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NISA_F_LINAJMI_18129071_755_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

pendidikan dituntut harus mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat serta dapat memanfaatkan teknologi sebagai fasilitas untuk memperlancar proses pembelajaran. Namun kenyataan yang ditemukan di lapangan penggunaan bahan ajar masih bersifat konvensional, terdapat minimnya bahan ajar dengan ilustrasi materi yang sangat ringkas sehingga membuat rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Maka dari itu diperlukan bahan ajar dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dapat diakses secara mandiri melalui aplikasi Edmodo (Blended). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan aplikasi Edmodo (Blended) berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Bahan ajar yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di SD Negeri 10 Cubadak Air dan Subjek penelitian produk di SD Negeri 15 Ampalu. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi Edmodo (Blended) berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas V SD yang divalidasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 93,5%. Berdasarkan respon guru dan respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 96,4% dan 92,6%. Sedangkan persentase respon guru dan peserta didik di sekolah penelitian terhadap bahan ajar tematik terpadu dengan nilai rata-rata 96,4% dan 93,8%. Dengan demikian bahan ajar menggunakan aplikasi Edmodo (Blended) berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YusnirulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:24
Last Modified: 15 Nov 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48273

Actions (login required)

View Item View Item