Linajmi, Nisa F.
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Edmodo (Blended) Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Kelas V SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
pendidikan dituntut harus mengikuti perkembangan teknologi yang
berkembang pesat serta dapat memanfaatkan teknologi sebagai fasilitas untuk
memperlancar proses pembelajaran. Namun kenyataan yang ditemukan di
lapangan penggunaan bahan ajar masih bersifat konvensional, terdapat minimnya
bahan ajar dengan ilustrasi materi yang sangat ringkas sehingga membuat
rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Maka dari
itu diperlukan bahan ajar dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dapat diakses secara mandiri
melalui aplikasi Edmodo (Blended). Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar menggunakan aplikasi Edmodo (Blended) berbasis
Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta
didik di kelas V SD yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) menggunakan
model pengembangan ADDIE. Bahan ajar yang dirancang kemudian divalidasi
oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk
terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas
produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta
didik. Subjek uji coba produk di SD Negeri 10 Cubadak Air dan Subjek penelitian
produk di SD Negeri 15 Ampalu.
Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi
Edmodo (Blended) berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas V SD yang divalidasi dinyatakan
sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 93,5%. Berdasarkan respon guru
dan respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran
menggunakan bahan ajar tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata
96,4% dan 92,6%. Sedangkan persentase respon guru dan peserta didik di sekolah
penelitian terhadap bahan ajar tematik terpadu dengan nilai rata-rata 96,4% dan
93,8%. Dengan demikian bahan ajar menggunakan aplikasi Edmodo (Blended)
berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
peserta didik di kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis
untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |