Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respons Siswa dalam Proses Pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar

Izzah R, Rahmil (2023) Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respons Siswa dalam Proses Pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RAHMIL_IZZAH_R_19016189_4484_2023.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Ketiga, mendeskripsikan respons siswa terhadap tindak tutur direktif yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Batusangkar. Sumber data penelitian ini adalah tuturan guru bahasa Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan alat bantu dalam pelaksanaannya berupa alat perekam (handphone) alat tulis, dan lembar pengamatan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik SBLC, rekam, dan catat. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar ada lima, (1) tindak tutur direktif menyuruh, (2) tindak tutur direktif menyarankan, (3) tindak tutur direktif menuntut, (4) tindak tutur direktif menantang, dan (5) tindak tutur direktif menasehati. Kedua, strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basabasi, (2) strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samar-samar. Ketiga, respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar ada dua, (1) respons verbal yang terdiri atas respons verbal positif dan respons verbal negatif, dan (2) respons nonverbal yang terdiri atas respons nonverbal positif dan respons nonverbal negatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar, tindak tutur yang sering digunakan guru adalah tindak tutur direktif menyuruh sebanyak 69 tuturan. Terdapat empat strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar dan yang paling sering digunakan adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi sebanyak 52 tuturan. Terdapat dua respons siswa dalam proses pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:45
Last Modified: 14 Nov 2023 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48259

Actions (login required)

View Item View Item