Inventarisasi Capung (Odonata) di Sekitar Kawasan Air Terjun Palano Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Noviza, Fauzarah Putri (2023) Inventarisasi Capung (Odonata) di Sekitar Kawasan Air Terjun Palano Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_FAUZARAH_PUTRI_NOVIZA_19032124_2600_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Air terjun Palano merupakan salah satu objek wisata air terjun di lakitan tengah. Perkembangan dan aktivitas wisata yang pesat akan berdampak terhadap keanekaragaman hayati di lokasi wisata yang secara langsung dan tidak langsung di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis capung yang terdapat di air terjun Palano. Metode yang digunakan adalah metode jelajah area, dimana dilakukan penjelajahan di sekitar kawasan air terjun Palano dan setiap spesies yang ditemukan dikoleksi menggunakan insect net. Proses identifikasi dilakukan di Laboratorium Ekologi, Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kawasan Air Terjun Palano ditemukan 28 individu yang tergolong ke dalam 10 spesies, delapan genera, dan enam famili capung. Jumlah famili yang paling banyak didapatkan adalah subordo Zygoptera dengan empat famili, sedangkan subordo Anisoptera hanya dua famili.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RijalUNSPECIFIED
CorrectorKardiman, RekiUNSPECIFIED
CorrectorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INVENTARISASI CAPUNG (ODONATA)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:08
Last Modified: 14 Nov 2023 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48250

Actions (login required)

View Item View Item