Oktavia, Nila
(2023)
Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Animaker Pada Topik Pecahan Senilai di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang ditemukan di sekolah
dasarbahwabelumadanyapengembangan video animasi pecahan senilai
menggunakanaplikasiAnimaker.Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN16
Puncak Lawang, SDN 05 Puncak Lawang dan SDN 06 Cubadak Lilin belum
terlihat adanya media video animasi khususnya meggunakan aplikasi animaker
Padasaatprosespembelajaranmasihterfokus menggunakan buku siswa dan buku
guru. Guru juga belumpernah menggunakan media video animasi menggunakan
animakerdidalampembelajaran.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangk
anmedia video animasi menggunakan animakerdi kelas IVSDyangvalid, praktis
dan efektif.
Pengembanganvideo animasi menggunakan animakerini menggunakan model
pengembangan ADDIE dengan tahapananalysis, design, development,
implementation dan evaluation. Datapenelitianinidikumpulkanmenggunakan
lembar validasi, angket respon guru dan angket respon pesertadidik, serta tes
evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validasi bahanajar
secarakeseluruhanolehtigavalidator,yaituaspekmateri,bahasadanmediamemperole
h nilai rata-rata presentase 92,85% dengan kategori sangat valid, (2) hasil uji
praktikalitasbahan ajar olehguru dan peserta didik masing-masing diperoleh nilai
93,75 %dan 92,85 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian
yang telahdilakukandapatdisimpulkanbahwamedia video animasi menggunakan
animaker validdanpraktisdigunakandalampembelajaranmatematikakelas IVSD.
Actions (login required)
|
View Item |