Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Animaker Pada Topik Pecahan Senilai di Kelas IV Sekolah Dasar

Oktavia, Nila (2023) Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Animaker Pada Topik Pecahan Senilai di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NILA_OKTAVIA_19129270_2375_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang ditemukan di sekolah dasarbahwabelumadanyapengembangan video animasi pecahan senilai menggunakanaplikasiAnimaker.Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN16 Puncak Lawang, SDN 05 Puncak Lawang dan SDN 06 Cubadak Lilin belum terlihat adanya media video animasi khususnya meggunakan aplikasi animaker Padasaatprosespembelajaranmasihterfokus menggunakan buku siswa dan buku guru. Guru juga belumpernah menggunakan media video animasi menggunakan animakerdidalampembelajaran.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangk anmedia video animasi menggunakan animakerdi kelas IVSDyangvalid, praktis dan efektif. Pengembanganvideo animasi menggunakan animakerini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapananalysis, design, development, implementation dan evaluation. Datapenelitianinidikumpulkanmenggunakan lembar validasi, angket respon guru dan angket respon pesertadidik, serta tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validasi bahanajar secarakeseluruhanolehtigavalidator,yaituaspekmateri,bahasadanmediamemperole h nilai rata-rata presentase 92,85% dengan kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitasbahan ajar olehguru dan peserta didik masing-masing diperoleh nilai 93,75 %dan 92,85 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telahdilakukandapatdisimpulkanbahwamedia video animasi menggunakan animaker validdanpraktisdigunakandalampembelajaranmatematikakelas IVSD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:26
Last Modified: 14 Nov 2023 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48246

Actions (login required)

View Item View Item