Mariyah, Mulia
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran, rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
tematik terpadu, peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran terlihat
ketika peserta didik hanya sibuk mengobrol dengan teman nya, peserta didik
kurang bersemangat sehigga cepat merasa bosan pada proses pembelajaran,
peserta didik kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam
memecahkan masalah nyata yang dekat dengan lingkungan peserta didik.
Sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD
Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi .Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Example
Non Example di kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi.
Penelitian ini diksanakan di SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota
Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas
V. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di
siklus I diperoleh rata-rata skor 81% (Cukup) dan pada siklus II diperoleh skor
94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh
rata-rata yaitu 82% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 97% (Sangat
Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% (Cukup),
dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta
didik pada siklus I diperoleh rata-rata 73 (Perlu Bimbingan) dan pada siklus II
meningkat menjadi 90 (Baik). Dengan demikian model Cooperative Learning
tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran
tematik terpadu di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |