Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament Di Kelas V SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh Kabupaten Agam

Erta, Mhd Nurdino (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament Di Kelas V SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MHD _Nurdino_ERTA_19129261_2240_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh. Temuan-temuan seperti belum aktifnya peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, banyak peserta didik yang sibuk sendiri dengan urusan masing-masing dan kurang memperhatikan pendidik dalam menjelaskan pelajaran, metode yang digunakan oleh pendidik yang bersifat monoton serta perencanaan yang disiapkan oleh pendidik yang belum maksimal. Hal tersebut berdampak kepada hasil belajar dari peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan dari perencanaan, pelaksanaan serta hasil belajar peserta didik melalui penggunaan model Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) di SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 1 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas V SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh dengan jumlah 21 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 86,11% (baik) dan siklus II 91,67% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 87,50% (baik) dan siklus II 92,85% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 83,93% (baik) dan siklus II 92,85% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 76 dan siklus II dengan rata-rata 83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, AstimarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:21
Last Modified: 14 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48243

Actions (login required)

View Item View Item