Erta, Mhd Nurdino
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament Di Kelas V SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan
oleh peneliti di SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh. Temuan-temuan seperti belum
aktifnya peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, banyak peserta didik yang
sibuk sendiri dengan urusan masing-masing dan kurang memperhatikan pendidik
dalam menjelaskan pelajaran, metode yang digunakan oleh pendidik yang bersifat
monoton serta perencanaan yang disiapkan oleh pendidik yang belum maksimal. Hal
tersebut berdampak kepada hasil belajar dari peserta didik yang masih rendah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan dari perencanaan,
pelaksanaan serta hasil belajar peserta didik melalui penggunaan model Cooperative
Learning tipe Team Game Tournament (TGT) di SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh
Kabupaten Agam.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 1
kali pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas
V SD Negeri 14 Tigo Kampung Pauh dengan jumlah 21 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 86,11% (baik) dan siklus II 91,67% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek
pendidik siklus I dengan rata-rata 87,50% (baik) dan siklus II 92,85% (sangat baik),
sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 83,93%
(baik) dan siklus II 92,85% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam
peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 76 dan siklus II
dengan rata-rata 83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
model Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |