Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 87 Bengkulu Selatan.

Fetriani, Lezia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 87 Bengkulu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_LEZIA_FETRIANI_18129020_4219_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) peserta didik kelas IV SD Negeri 87 Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 13 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 87 Bengkulu Selatan. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari aspek RPP siklus I dengan rata-rata 84,71% (Baik) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 94,44% (Sangat baik). Kemudian aspek aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 83,92% (Baik) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,85% (Sangat baik). Pada aspek aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 78,58% (Baik) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,85 % (Sangat baik). Serta pada hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 67,40 (Cukup) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85,14 (Baik). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:20
Last Modified: 14 Nov 2023 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48242

Actions (login required)

View Item View Item