Fetriani, Lezia
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 87 Bengkulu Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran
tematik terpadu menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS) peserta didik kelas IV SD Negeri 87 Bengkulu Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 13
orang peserta didik kelas IV SD Negeri 87 Bengkulu Selatan. Data dari penelitian
diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari aspek RPP siklus I dengan
rata-rata 84,71% (Baik) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 94,44%
(Sangat baik). Kemudian aspek aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 83,92%
(Baik) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,85% (Sangat baik). Pada
aspek aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 78,58% (Baik) dan
meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,85 % (Sangat baik). Serta pada hasil
belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 67,40 (Cukup) dan meningkat pada
siklus II dengan rata-rata 85,14 (Baik). Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |