Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Model Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 31 Koto Merapak

Noverda, Chaini (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Model Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 31 Koto Merapak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_CHAINI_NOVERDA_1108403_3982_2016 .pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran IPS yang mana guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, belum mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan kehidupan nyata sehingga siswa belum aktif, tidak terbuka dan demokrasi, siswa kurang berinteraksi sesama temannya dan belum dapat merealisasikan ilmu pada kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Model Group Investigation (GI) Di Kelas IV SDNegeri 31 Koto Merapak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus dengan 3 x pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan pada masing-masing aspek: 1) RPP siklus I80,35%dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, 2) aktivitas guru siklus I 80% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,50% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II , 3) aktivitas siswa siklus I 76,25% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 90% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor siklus I diperoleh rata-rata 72,36 dengan persentase ketuntasan belajar 29,16% meningkat menjadi83,3dengan persentase ketuntasan belajar 95,6% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan Cooperative Learning Model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDNegeri 31Koto Merapak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:18
Last Modified: 14 Nov 2023 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48235

Actions (login required)

View Item View Item