Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VB SDN 15 Ulu Gadut Padang

Darmawan, Darmawan (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VB SDN 15 Ulu Gadut Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DARMAWAN_1209055_4749_2016.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Kenyataan di kelas VB bahwa proses pembelajaran sering berpusat pada guru, siswa belum dapat memecahkan masalah, siswa kurang aktif dalam belajar secara mandiri maupun kelompok. Model Problem Based Learning dapat memberikan orientasi masalah, siswa belajar secara mandiri maupun kelompok dan menyajikannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas VB SDN 15 Ulu Gadut Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Subjek Penelitian Adalah Guru (Observer), Peneliti (Peneliti), Siswa yang terdiri dari 12 perempuan dan 21 laki-laki jumlah 33 siswa. Hasil penelitian siklus I, RPP memperoleh persentase rata-rata 73,75% kualifikasi (C), meningkat menjadi persentase rata-rata 91,25% kualifikasi (SB) Siklus II. Pelaksaan proses pembelajaran siklus I, aspek guru memperoleh persentase rata-rata 75% kualifikasi (C), meningkat menjadi persentase rata-rata 92,5% (SB) siklus II. Pelaksanaan proses pembelajaran siklus I, aspek siswa memperoleh persentase rata-rata 75% kualifikasi (C), meningkat menjadi persentase rata-rata 92,5% kualifikasi (SB) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu siswa di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:44
Last Modified: 14 Nov 2023 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48230

Actions (login required)

View Item View Item