Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Siswa Kelas IV SDI Raudhatul Jannah Payakumbuh

Asdelia, Asdelia (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Siswa Kelas IV SDI Raudhatul Jannah Payakumbuh. Other thesis, Univesritas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ASDELIA_52135_1287_2016.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan pada pembelajaran IPS di SDI Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh yaitu pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga kurang dapat menarik perhatian dan motivasi siswa dalam belajar, ketika proses pembelajaran guru kurang mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, dalam pembelajaran IPS yang seharusnya menitik beratkan pada keterampilan bersosial belum begitu nampak dalam praktek keseharian siswa terutama ketika dalam proses pembelajaran dalam kelompok. Permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan pendekatan kooperatif tipe NHT. Penulisan ini merupakan Penulisan Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penulisan ini diperoleh dari pengamatan dan hasil tes. Subjek penulisan terdiri dari penulis dan siswa kelas IV SDI Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh yang berjumlah 30 orang. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Prosedur penulisan dilakukan dengan 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Dalam penulisan ini diperoleh nilai untuk RPP siklus I pertemuan I 87% dengan kualifikasi sangat baik, pertemuan II 97% dengan kualifikasi sangat baik dan siklus II 100% dengan kualifikasi sangat baik. Dalam pelaksanaan, aktivitas guru siklus I pertemuan I 71% dengan kualifikasi baik, pertemuan II meningkat 87,5% pada kualifikasi sangat baik, dan siklus II 100% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa siklus I pertemuan I 62%, pada kualifikasi cukup pertemuan II 87,5% dengan kualifikasi sangat baik dan siklus II 100% pada kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siklus I pertemuan I 68,02 meningkat pada pertemuan II 72,47 dan siklus II 84,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS meningkat dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Belajar Siswa, Pendekatan Kooperatif, Numbered Head Together
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:09
Last Modified: 15 Nov 2023 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48226

Actions (login required)

View Item View Item