Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN 17 Sungai Geringging Padang Pariaman

Anili, Anili (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN 17 Sungai Geringging Padang Pariaman. Other thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANILI_1209556_2457_2016.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum optimal membimbing siswa saat pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SDN 17 Sungai Geringging Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV berjumlah 15 orang, terdiri dari 7 orang perempuan dan 8 orang laki- laki. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II pada masing- masing aspek yaitu: 1) RPP siklus I diperoleh persentase keberhasilan 68% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 88,8% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, 2) aktifitas guru siklus I yaitu 66,66% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, dan 3) aktifitas siswa siklus I 66,66% dengan kualifikasi cukup, meningkat menjadi 87,5 % dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 17 Sungai Geringging Kab Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:17
Last Modified: 14 Nov 2023 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48222

Actions (login required)

View Item View Item