Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas VI SDN 24 Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Maryoni, Devi (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas VI SDN 24 Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DEVI_MARYORI_50549_1689_2016.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 24 Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Kondisi ini disebabkan guru belum mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam menemukan konsep. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Dengan dilakukannya penelitian tindakan kelas menggunakan metode eksperimen di SDN 24 Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya ternyata hasil belajar siswa meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi tahap studi pendahuluan, perencanaan, tindakan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 24 Koto Malintang. Teknik pengumpulan data yang digunakan hasil pengamatan, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 24 Koto Malintang. Perolehan rata-rata penilaian RPP siklus I 69,64% meningkat pada siklus II menjadi 87,50%. Pengamatan aspek guru pada siklus I 70,31% meningkat pada siklus II menjadi 89,06%. Pengamatan aspek siswa pada siklus I 67,18% meningkat pada siklus II menjadi 90,62%. Hasil belajar siswa siklus I 65,77 meningkat pada siklus II menjadi 82,46. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:04
Last Modified: 15 Nov 2023 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48221

Actions (login required)

View Item View Item