Wahyu, Supratiwi
(2016)
Pelaksanaan Kunjungan Rumah oleh Guru BK di
SMP Negeri se-Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kunjungan rumah merupakan kegiatan yang menunjang dan memberikan kemudahan dalam pengentasan permasalahan peserta didik. Melalui kunjungan rumah diharapkan Guru BK memperoleh data serta komitmen yang berarti bagi
pemecahan masalah peserta didik. Oleh sebab itu mestinya kunjungan rumah dilaksanakan secara cermat atau terlaksana sebaik mungkin. Akan tetapi kenyataannya di lapangan menunjukan bahwa Guru BK kurang optimal dalam
melaksanakan kunjungan rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan pelaksanaan kegiatan kunjungan rumah oleh Guru BKdi SMP Negeri se-Kota Padang, yang terdiri dari beberapa tahap kegiatan yaitu merencanakan kunjungan rumah, melaksanakan kunjungan rumah, mengevaluasi kunjungan rumah, menganalisis hasil kunjungan rumah, menindak lanjuti
kunjungan rumah, dan membuat laporan hasil pelaksanaan kunjungan rumah, serta kesulitan yang dialami Guru BK dalam pelaksanaan kegiatan kunjungan
rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sampel penelitian adalah
Guru BK di SMP Negeri se-Kota Padang sebanyak 34 orang. Sampel penelitian
ini ditetapkan dengan menggunakan area sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
persentase. Temuan penelitian menunjukan bahwa Guru BK di SMP Negeri se-
Kota Padang kebanyakan dalam merencanakan kunjungan rumah tidak
mempelajari data peserta didik terlebih dahulu sehingga masih ada Guru BK yang jarang dan tidak pernah mengikutsertakan peserta didik serta tidak pernah
menggunakan data hasil kunjungan rumah untuk mengentaskan masalah yang
dialami peserta didik, akibatnya Guru BK tidak pernah mengevaluasi kembali
peserta didiknya setelah beberapa hari kunjungan rumah dilakukan. Selanjutnya
dari sepuluh kesulitan dalam pelaksanaan kunjungan rumah, kesulitan yang
paling tinggi yaitu, kunjungan rumah yang dilakukan konselor tidak mendapatkan
izin dari kepala sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada: (1) Guru BK agar
lebih memperhatikan tahapan-tahapan dalam kegiatan kunjungan rumah yaitu
mulai dari merencanakan, merealisasikan, mengevaluasi, menganalisis, menindak
lanjuti dan tahap melaporkan sehingga pelaksanaan kegiatan kunjungan rumah
bias dilakukan dengan lebih optimal dan guru BK harus mampu mensosialisasikan
kegiatan BK di sekolah. (2) Kepada kepala sekolah, agar memberikan izin,
menyediakan fasilitas, biaya, sarana, dan prasarana kepada Guru BK untuk
melaksanakan kunjungan rumah.
Actions (login required)
|
View Item |