Hubungan Regulasi Emosi dengan Penerimaan Teman Sebaya

Suryanti, Suryanti (2016) Hubungan Regulasi Emosi dengan Penerimaan Teman Sebaya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SURYANTI_1100508_1304_2016.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Siswa pada umumnya ingin diterima oleh teman sebayanya, namun kenyataannyamasih banyak siswa yang diabaikan dan tolak oleh teman sebaya, hal yang menyebabkanpenolakan dari teman sebaya tersebut dikarenakan oleh sikap remaja, perbedaan status, emosi dan lain sebagainya. Salah satu faktor yang menyebabkan penolakan teman sebayaadalah emosi remaja. Emosi berdampak terhadap sikap remaja ketika berhubungan sosial, untuk itu penelitian ini bertujuan mengambarkan tingkat regulasi emosi dan penerimaanteman sebaya siswa serta menguji hubungannya. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode korelasional yang bertujuanmendeskripsikaan variabel serta menguji hubungan antara variabel. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah siswa Kelas XI dan XII di SMK N 6 Kota Padang, sampel yangdiambil menggunakan metode teknik Purposive Random Sampling sebanyak 227 siswa. Pengambilan data langsung diambil dari sampel penelitian dengan menggunakan instrumenyang berbentuk skala penelitian regulasi emosi dan penerimaan teman sebaya. Analisiskorelasi variabel penelitian menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Temuan dari penelitian ini yaitu: (1) regulasi emosi siswa dilihat dari proses regulasi emosi berada pada kategori baik (2) penerimaan teman sebaya siswa dilihat dari fungsi teman sebaya berada pada kategori tinggi (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positifantara regulasi emosi dan penerimaan teman sebaya siswa. Berdasarkan temuan di atasdapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara regulasi emosi dengan penerimaan teman sebaya. Penelitian ini menunjukan bahwa siswa yangmampu untuk regulasi emosinya dapat diterima oleh teman sebaya. Berdasarkan temuanpenelitian ini diharapkan guru BK memberikan layanan agar siswa dapat menyalurkanemosi yang dirasakannya dengan cara, waktu dan kapasitas yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:46
Last Modified: 14 Nov 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48213

Actions (login required)

View Item View Item