Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Air Tawar Barat Padang

Aulia, Delviza (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Air Tawar Barat Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DELVIZA_AULIA_1100653_3771_2016.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi pada pembelajaran IPA, guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian terdiri dari RPP, pelaksanaan aktifitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tentang RPP siklus I adalah 76,8% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 87,5%, dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru siklus I ke siklus II meningkat dari 75% dengan kualifikasi baik menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I 75%dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II 89,6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I 76,4 meningkat pada siklus II 87,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:39
Last Modified: 14 Nov 2023 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48206

Actions (login required)

View Item View Item