Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Silabel di Kelas I SDN 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Kota Padang

Susanti, Esi (2016) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Silabel di Kelas I SDN 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
Esi Susanti.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelalakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan di kelas I SDN 09 Kayu Aro Bungus Kota Padang. Hal ini disebabkan oleh siswa yang masih salah dalam menyebutkan huruf dan masih lamban dalam mengeja huruf menjadi kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa di kelas I SDN 09 Kayu Aro Bungus Kota Padang. Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari empat prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SD N 09 Kayu Aro yang terdaftar pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi, dan tes pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam: a) pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I memperoleh skor 78,12% (baik) pada siklus II menjadi 90,62% (sangat baik), dari aspek siswa pada siklus I memperoleh skor 75,00% (cukup) pada siklus II menjadi 84,37% (Baik), b) hasil belajar pada tahap prabaca pada siklus I memperoleh nilai 75,66 (Baik) pada siklus II menjadi 85,33 dengan (Sangat Baik). Tahap Saatbaca pada siklus I memperoleh nilai 71,67 (Cukup) pada siklus II menjadi 83,99 (Baik). Tahap pascabaca pada siklus I memperoleh nilai 79,00 (Baik) pada siklus II menjadi 87,00 (Sangat Baik). Dengan demikian metode Silabel dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:38
Last Modified: 14 Nov 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48204

Actions (login required)

View Item View Item