Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di Kelas V SDN 05 Kubang Sirakuk Bawah Kota Sawahlunto

Ekandari, Dani (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di Kelas V SDN 05 Kubang Sirakuk Bawah Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DANI_EKANDARI_09907_2361_2016.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 05 Kubang Sirakuk Bawah Kota Sawahlunto masih berpusat pada guru,sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa pun rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian ini adalah 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil pengamatan aktifitas guru dan siswa, dan hasil tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 05 Kubang Sirakuk Bawah, terteliti berjumlah 22 orang. Hasil penelitian ini menggambarkan peningkatan : 1) Perencanaan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 85,71% dengan kualifikasi sangat baik, meningkat menjadi 94,64% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik , 2)Kegiatan guru siklus I 78,13% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 95,84% dengan kualifikasi sangat baik, dan kegiatan siswa siklus I 73,96% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi 92,71% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. 3)Hasil belajar siklus I rata-rata 72,84% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi 80,30% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:30
Last Modified: 14 Nov 2023 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48197

Actions (login required)

View Item View Item