Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas III SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Natasya, Dwi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas III SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DWI_NATASYA_01376_3913_2016.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini masih berpusat kepada guru. Siswa belum menemukan sendiri pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri di kelas III SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa data informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Subjek penelitian adalah observer (guru dan teman sejawat), peneliti (praktisi) dan siswa kelas III SDN 02 Indarung yang berjumlah sebanyak 30 orang. Alur penelitian berupa siklus yang terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP pada siklus I memperoleh nilai 75% dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 89,3% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. (b) Kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai 74,3% dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 90,1% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. (c) Kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai 76,3% dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 88,8% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. (d) Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 72,52 dengan kriteria cukup pada siklus I menjadi 83,10 dengan kriteria baik pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 02 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Pendekatan Inkuiri, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:35
Last Modified: 14 Nov 2023 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48196

Actions (login required)

View Item View Item