Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Koperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN 11 Sungai Geringging, Kec. Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman

Rais, Alfadli (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Koperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN 11 Sungai Geringging, Kec. Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ALFADLI_RAIS_93545_2192_2016.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan peneliti di SDN 11 Sungai Geringging bahwa guru dalam proses pembelajaran IPS lebih aktif dibandingkan siswa, sehingga siswa menjadai pasif, siswa kurang antusias dalam pembelajaran, hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, penggunaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative tipe GI pada pembelajaran IPS dengan materi lembaga pemerintahan desa dan kecamatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Proses penelitian ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan,dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 11 Sungai Geringging yang berjumlah 15 orang, semester II tahun Ajaran 2014 / 2015. Hasil penelitian dari penilaian RPP siklus I pertemuan I mencapai 65 % dan pertemuan II mencapai 71,125 % dan siklus II adalah 87,5 %.dari aspek guru siklus I pertemuan I mencapai 70,8% dan pertemuan II mencapai 75% sedangkan pada siklus II mencapai 87,5%. Dari segi aktivitas siswa siklus I pertemuan I mencapai 69,4%, pertemuan II mencapai 71,85% dan siklus II pertemuan I mencapai 84,5%. Peningkatan belajar siswa siklus I pertemuan I adalah 66,75 % dan pertemuan II adalah 69,66 % dan pada siklus II 80 %. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung yang tergambar dari hasil tes siswa. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Cooperative Tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi materi Mengenal permasalahan sosial di daerahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:33
Last Modified: 14 Nov 2023 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48195

Actions (login required)

View Item View Item