Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar

Zafira, Hazizah (2023) Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_HAZIZAH_ZAFIRA_19129124_3936_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum adanya penggunaan e-modul yang dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang Sumber belajar yang tersedia belum menggunakan teknologi dan masih berbentuk cetak, tampilannya yang kurang menarik membuat peserta didik menjadi jenuh sehingga motivasi belajar menjadi menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menghasilkan e-modul menggunakan aplikasi Flip Pdf Corporate pada pembelajaran tematik terpadu disekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). E-modul yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan respon peserta didik. subjek penelitian produk di UPTD SD Negeri 05 Tarok Dipo. Hasil dari penelitian e-modul memperoleh tingkat kevalidan 89,95% dari aspek materi, 92,5% dari aspek Bahasa, dan 91,3% dari aspek bahasa dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon guru dan juga hasil respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan e�modul sangat praktis dengan presentase kepraktisan dari respon guru di sekolah penelitian adalah 94% dan persentase respon peserta didik di sekolah penelitian adalah 91,46%. Hasil efektifitas e-modul menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik 92,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan aplikasi Flip Pdf Corporate di sekolah dasar telah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:42
Last Modified: 13 Nov 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48193

Actions (login required)

View Item View Item