Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Aplikasi CapCut di Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang

Cahyani, Fitria (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Aplikasi CapCut di Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FITRIA_CAHYANI_19129020_3559_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning berbantuan aplikasi CapCut untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan dalam II siklus dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian RPP, proses pelaksanaan, dan hasil belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, tes dan nontes. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V sebanyak 26 orang, yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pengamatan RPP siklus I memperoleh persentase rata-rata 78,57% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, aspek guru siklus I memperoleh persentase rata-rata 79,68% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek peserta didik siklus I memperoleh persentase rata-rata 74,99% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sagat baik. Hasil belajar peserta didik siklus I penilaian pengetahuan diperoleh diperoleh rata-rata 77,64 dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 89,05 dengan kualifikasi baik. Sedangkan hasil penilaian keterampilan pada siklus I diperoleh rata-rata 76,00 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,75 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan aplikasi CapCut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorFarida, S, Farida, SUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:41
Last Modified: 13 Nov 2023 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48192

Actions (login required)

View Item View Item