Cahyani, Fitria
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning
(PJBL) Berbantuan Aplikasi CapCut di Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik
dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan model Project Based Learning berbantuan aplikasi CapCut untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas
V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan dalam II siklus
dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali
pertemuan. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian RPP, proses pelaksanaan, dan
hasil belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
observasi, tes dan nontes. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V
sebanyak 26 orang, yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang
peserta didik perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pengamatan RPP siklus I
memperoleh persentase rata-rata 78,57% dengan kualifikasi baik, meningkat pada
siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan
pelaksanaan pembelajaran, aspek guru siklus I memperoleh persentase rata-rata
79,68% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan
kualifikasi sangat baik. Pada aspek peserta didik siklus I memperoleh persentase rata-rata 74,99% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 93,75%
dengan kualifikasi sagat baik. Hasil belajar peserta didik siklus I penilaian
pengetahuan diperoleh diperoleh rata-rata 77,64 dengan kualifikasi baik dan
meningkat pada siklus II dengan rata-rata 89,05 dengan kualifikasi baik. Sedangkan
hasil penilaian keterampilan pada siklus I diperoleh rata-rata 76,00 dan meningkat
pada siklus II menjadi 90,75 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan data hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Project
Based Learning berbantuan aplikasi CapCut dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |