Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N 05 Sawahan Kota Padang

Zefni, Eri (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N 05 Sawahan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ERI_ZEFNI_18124013_35_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi matematika disebabkan oleh cenderung menghafal rumus sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Guru sangat berperan dalam mengembangkan LKPD yang efektif untuk mendorong kemajuan peserta didik dalam belajar terutama dalam matematika. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dicari solusi berupa pengembangan LKPD dalam pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari preliminary, prototyping, dan assesment. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh ahli kemudian diujicobakan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan dari LKPD tersebut. Kepraktisan dapat dilihat dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik dan pendidik. Keefektifan dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Data tersebut lalu dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat valid. LKPD ini juga telah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan, dan waktu yang diperlukan. Selain itu, LKPD ini pun telah dapat dikatakan efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 86 di kelas IVB dan 77 di kelas IVA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan pendekatan CTL yang telah dikembangkan dikatakan telah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:41
Last Modified: 13 Nov 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48190

Actions (login required)

View Item View Item