Pengembangan Media Video Canva pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas IV SD.

Nefillia, Chintya (2023) Pengembangan Media Video Canva pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_CHINTYA_NEFILLIA_18129165_2210_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di Sekolah Dasar ialah kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan guru sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan guru ialah media konvensional berupa buku paket dan alat peraga yang tersedia di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Video Canva pada pembelajaran tematik terpadu berbasis model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Tahap 1 yaitu Define, tahap II Design, tahap III Develop, tahap IV yaitu Disseminate. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan pengumpulan teknik data menggunakan angket dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini sebanyak 32 orang peserta didik kelas IV di SDN 19 Ambacang Anggang dan SDN 11 Tanjung Alai. Hasil dari penelitian Pengembangan Media Video Canva yang dikembangkan memperoleh hasil uji validitas materi mendapatkan presentase sebesar 91,6%, hasil uji validitas bahasa sebesar 87,5%, dan hasil uji validitas media sebesar 100%. Hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 93,74% dan hasil uji praktikalitas angket respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 96,5%. Hasil uji efektifitas memperoleh hasil sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Video Canva pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar telah valid, praktis, dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:57
Last Modified: 04 Dec 2023 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48182

Actions (login required)

View Item View Item