Nefillia, Chintya
(2023)
Pengembangan Media Video Canva pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas IV SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di Sekolah
Dasar ialah kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan guru sehingga
mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Media
pembelajaran yang digunakan guru ialah media konvensional berupa buku paket
dan alat peraga yang tersedia di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan media Video Canva pada pembelajaran tematik terpadu berbasis
model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV Sekolah Dasar yang valid,
praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan 4D Tahap 1 yaitu Define, tahap II Design, tahap III
Develop, tahap IV yaitu Disseminate. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar
dengan pengumpulan teknik data menggunakan angket dari ahli materi, ahli
bahasa, ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek
uji coba pada penelitian ini sebanyak 32 orang peserta didik kelas IV di SDN 19
Ambacang Anggang dan SDN 11 Tanjung Alai.
Hasil dari penelitian Pengembangan Media Video Canva yang
dikembangkan memperoleh hasil uji validitas materi mendapatkan presentase
sebesar 91,6%, hasil uji validitas bahasa sebesar 87,5%, dan hasil uji validitas
media sebesar 100%. Hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil
sebesar 93,74% dan hasil uji praktikalitas angket respon peserta didik
memperoleh hasil sebesar 96,5%. Hasil uji efektifitas memperoleh hasil sebesar
0,73 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media
Video Canva pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar telah
valid, praktis, dan efektif digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |