Asyraf, Balqis Salsabil
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Bangun Ruang Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 07 Pangian Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di
lapangan, yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Aspek peserta didik,
permasalahan yang ditemukan adalah peserta didik kekurangan waktu saat
memikirkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru, serta sebagian peserta
didik masih ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Sedangkan pada aspek guru,
permasalahan yang ditemukan adalah dalam pembelajaran guru hanya
menggunakan metode ceramah dan belum memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk belajar secara berdiskusi, serta guru terlihat belum
menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran
cenderung monoton, dan belum dapat meningkatkan daya berpikir kritis peserta
didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dengan
menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 07 Pangian
Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian
kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I
terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Disetiap siklus
tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SD Negeri 07
Pangian Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 16 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan
rata-rata 85% (B) dan siklus II 95% (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I
dengan rata-rata 81,25% (B) dan siklus II 93,75 % (A), sedangkan pelaksanaan
pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,69% (C), dan siklus II
93,75% (A), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar
pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 67,70 (D) dan siklus II dengan rata-rata
79,22%. (C). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran jaring-jaring bangun ruang di kelas V.
Actions (login required)
|
View Item |