Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Bangun Ruang Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 07 Pangian Kabupaten Tanah Datar

Asyraf, Balqis Salsabil (2023) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Bangun Ruang Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 07 Pangian Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_BALQIS_SALSABIL_ASYRAF_19129095_3981_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Aspek peserta didik, permasalahan yang ditemukan adalah peserta didik kekurangan waktu saat memikirkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru, serta sebagian peserta didik masih ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Sedangkan pada aspek guru, permasalahan yang ditemukan adalah dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara berdiskusi, serta guru terlihat belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran cenderung monoton, dan belum dapat meningkatkan daya berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dengan menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 07 Pangian Kabupaten Tanah Datar. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SD Negeri 07 Pangian Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 16 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 85% (B) dan siklus II 95% (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,25% (B) dan siklus II 93,75 % (A), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,69% (C), dan siklus II 93,75% (A), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 67,70 (D) dan siklus II dengan rata-rata 79,22%. (C). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran jaring-jaring bangun ruang di kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:57
Last Modified: 13 Nov 2023 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48181

Actions (login required)

View Item View Item