Peningkatan Hasil Belajar Jaring – Jaring Bangun Ruang Sederhana Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SDN 01 Pauh Kota Padang

Zozeka, Arifantri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Jaring – Jaring Bangun Ruang Sederhana Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SDN 01 Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B1_6_ARIFANTRI_ZOZEKA_19129092_4145_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 01 Pauh Kota Padang. Hal ini dikarenakan guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran dan guru juga belum membelajarkan peserta didik pada pembelajaran berbasis proyek yang membangun pemahaman dengan bekerja serta menggunakan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar jaring – jaring bangun ruang sederhana menggunakan model Project Based Learning (PjBL) di kelas V SDN 01 Pauh Kota Padang. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V sebanyak 28 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanan Pembelajaran, proses pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan no tes. Hasil penelitian siklus I aspek RPP memperoleh rata-rata 91,66% (SB) meningkat pada siklus II 97,22% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek aktivitas guru memperoleh rata-rata sebesar 89,06% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,87% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 89,06% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,87% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 69,28 (C), meningkat pada siklus II menjadi 87,82 (B). Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar jaring – jaring bangun ruang sederhana di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFarida, S, Farida, SUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:56
Last Modified: 13 Nov 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48180

Actions (login required)

View Item View Item