Ananda, Prima Nora
(2023)
Pengembangan E-Modul Menggunakan Model
Inquiry Based Online Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kehadiran era revolusi industri 4.0 mempengaruhi banyak bidang yaitu
industri, pendidikan, serta teknologi. Salah satu usaha dalam menghadapi
kemajuan zaman era revolusi 4.0 adalah dengan meningkatkan kualitas manusia
seperti konektivitas manusia, membangun ketahanan digital serta akuntabilitas
digital. Terkait usaha peningkatan sumber daya manusia adalah dengan
membangun ketahanan digital teknologi melalui pendidikan. Salah satu mata
pelajaran yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi seperti
yang diharapkan era revolusi 4.0 salah satunya adalah mata pelajaran fisika.
Kenyataan yang ditemukan dilapangan ternyata masih belum memenuhi tuntutan
era revolusi 4.0 dalam pencapaian aspek kompetensi peserta didik. Salah satu
solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan e-modul
menggunakan model Inquiry Based Online Learning. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menentukan kualitas dari e-modul fisika model Inquiry Based
Online Learning dalam aspek validitas, praktikalitas dan efektivitas untuk
meningkatkan kompetensi peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan
Plomp yang terdiri dari Preliminary Research, Development or Prototyping
Phase, Assesment Phase. Uji coba dilakukan di SMAN 1 Koto Baru
Dharmasraya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, soal tes akhir dan
lembar penilaian keterampilan. Data yang diperoleh pada tahap analisis, validitas
dan praktikalitas dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Pada uji efektivtas
data aspek pengetahuan dan keterampilan menggunakan analisis uji t dan uji man
Whitney.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil
penelitian. Pertama, e-modul fisika model Inquiry Based Online Learning adalah
valid dengan nilai aiken 0,84. Kedua, e-modul fisika model Inquiry Based Online
Learning adalah praktis menurut guru dan peserta didik dengan nilai 85,91 dan
89,98 dengan kriteria baik sekali. Ketiga, e-modul fisika model Inquiry Based
Online Learning adalah efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan e-modul fisika model Inquiry
Based Online Learning untuk meningkatkan kompetensi peserta didik memenuhi
kriteria kualitas generic dalam aspek validitas, praktikalitas dan efektivitas.
Actions (login required)
|
View Item |