Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMPN 13 Padang

Aulia, Vanisa (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_VANISA_AULIA_19004125_6915_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu pada pembelajaran IPA masih menggunakan media pembelajaran berupa LKS dan powerpoint yang berisikan tulisan dan gambar, serta masih rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 13 Padang. Karena proses pembelajaran masih bersifat konvensional, sehingga pembelajaran menjadi kurang menggairahkan dan kurang menarik. Penyampaian materi secara verbal tanpa diikuti dengan variasi visual yang menarik dan konkret membuat banyak siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah penggunaan media video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 13 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 13 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII.8 merupakan kelas yang diuji cobakan, dimana diberi perlakuan dengan menggunakan media video pembelajaran dalam pembelajarannya. Sedangkan kelas kontrol yaitu kelas VIII.9 tidak diberikan perlakuan, melainkan menggunakan media pembelajaran powerpoint dan LKS. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada materi sistem peredaran darah Mata Pelajaran IPA kelas VIII. Untuk pengujian hipotesis, penelitian menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata rata kelas eksperimen adalah 78.5 dan nilai rata rata kelas kontrol adalah 60. Bersumber pada perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 16.22 dan ttabel pada taraf signifikan 0.05 yakni 2.00. Bila dibandingkan, sehingga thitung > ttabel yaitu 16.22 > 2.00. Yang berarti bahwa H1 diterima. Dengan demikian, penggunaan media video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:32
Last Modified: 09 Nov 2023 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48157

Actions (login required)

View Item View Item