Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Wondershare Filmora di Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Afifah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Wondershare Filmora di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B1_6_AFIFAH _PUTRI_18129003_4459_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran video animasi yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik khususnya pada media berbasis teknologi serta pada saat proses pembelajaran peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran menggunakan video animasi. Masih sedikitnya pengembangan media pembelajaran berbasis teknoologi karena guru masih menggunakan media pembelajaran bersifat konvensional, seperti gambar, benda-benda konkrit yang ada di sekitar, dan sesekali menayangkan video pembelajaran dari youtube. Guru juga masih menggunakan sumber belajar yang bersifat konvensional, seperti buku tema, buku MRT, dan buku penunjang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi menggunakan Wondershare Filmora pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki tahap-tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Evaluation (Evaluasi). Pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi, angket respon, serta hasil belajar peserta didik. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, dan validasi ahli media. Sedangkan angket respon terdiri dari respon peserta didik dan respon guru. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 45 peserta didik di kelas IV SDN 22 Ujung Gurun, kelas IV SDN 23 Ujung Gurun, dan kelas IV SDN Percobaan Padang. Penelitian dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum’at, Tanggal 29 dan 30 September 2022. Hasil penelitian dari pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Wondershare Filmora di Kelas IV Sekolah Dasar memperoleh hasil uji validitas materi sebesar 89,95% hasil uji validitas bahasa sebesar 96% dan hasil uji validitas media sebesar 96% . Pada hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh sebesar 91,06% dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh sebesar 86%. Sedangkan pada hasil efektivitas memperoleh sebesar 80,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Wondershare Filmora pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar telah valid, praktis, dan efektif digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:57
Last Modified: 09 Nov 2023 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48145

Actions (login required)

View Item View Item