Perbedaan Self Efficacy Akademik Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin di SMK Negeri 9 Padang

Anggriani, Yunida (2023) Perbedaan Self Efficacy Akademik Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin di SMK Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_YUNIDA_ANGGRIANI_16006174_291_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Self efficacy akademik seharusnya dimiliki oleh siswa agar yakin terhadap kemampuan dalam menyelesaikan tugas, serta meningkatkan kemampuan belajar siswa yang bertujuan untuk mencapai kemampuan yang kuat dalam menguasai setiap tugas dan tercapainya hasil belajar yang efektif. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang kurang memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya, tidak mengerjakan tugas tepat waktu, memilih menyontek tugas teman lainnya dan merasa keberatan dalam mengerjakan tugas yang terlalu banyak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan self efficacy akademik siswa laki-laki dan perempuan, (2) menguji perbedaan antara self efficacy akademik siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini sebanyak 570 siswa dengan sampel 235 siswa yang merupakan siswa pada jurusan perhotelan kelas X, XI dan XII SMK N 9 Padang. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yaitu angket self efficacy akademik dengan pengukuran skala likert. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis uji beda (t-test) dengan taraf signifikansi 5% (=0,05). Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) self efficacy akademik siswa ditinjau dari jenis kelamin secara keseluruhan berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,51%. Hasil analisis masing-masing pada jenis kelamin, yaitu laki-laki berada pada kategori tinggi dengan persentase 25,53% dan perempuan berada pada kategori tinggi dengan persentase 22,98%. Berdasarkan dimensi self efficacy, yaitu dimensi tingkat (level) berada pada kategori tinggi dengan persentase 45,53%, dimensi generalisasi (generality) berada pada kategori rendah dengan persentase 66,38%, dan dimensi kekuatan (strength) berada pada kategori tinggi dengan persentase 40,85%. (2) terdapat perbedaan signifikan antara self efficacy akademik siswa laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:41
Last Modified: 09 Nov 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48142

Actions (login required)

View Item View Item