Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) dengan Prokrastinasi Akademik SMK N 1 Pulau Punjung

Wulandari, Wulandari (2023) Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) dengan Prokrastinasi Akademik SMK N 1 Pulau Punjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_WULANDARI_18006346_2001_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya prokrastinasi akademik dikalangan siswa. Siswa melakukan prokrastinasi akademik atau penundaan terhadap pengerjaan atau penyelesaian tugas akademiknya. Salah satu penyebab terjadinya peningkatan prokrastinasi akademik adalah efikasi diri siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan efikasi diri siswa SMKN 1 Pulau Punjung, (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa SMKN 1 Pulau Punjung, (3) menguji apakah terdapat hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa SMKN 1 Pulau Punjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 613 siswa dan sampel penelitian berjumlah 244 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket berbentuk skala likert. Data dianalisis menggunakan teknik persentase, kemudian untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan analisis statistik parametrik yaitu korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) efikasi diri (self efficacy) siswa SMKN 1 Pulau Punjung cenderung berada pada kategori rendah dengan persentase 83,88%, berarti secara umum siswa SMKN 1 Pulau Punjung memiliki efikasi diri yang rendah, (2) prokrastinasi akademik siswa SMKN 1 Pulau Punjung berada pada kategori sedang dengan persentase 54,13%, hal ini menunjukkan bahwa secara umum siswa SMKN 1 Pulau Punjung memiliki prokrastinasi akademik yang sedang., (3) terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri (self efficacy) dengan prokrastinasi akademik siswa, dengan koefisien korelasi -0,410 pada taraf signifikansi 0,000, menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik, yang berarti semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik, sebaliknya jika efikasi diri rendah maka prokrastinasi akademik siswa cenderung tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:42
Last Modified: 08 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48136

Actions (login required)

View Item View Item